Wednesday, April 6, 2011

Ibarat Membaca Judul Papernya Saja…

Beragam sikap reaktif…
Termasuk di dalamnya sikap defensif…
Dan defense yang paling mutakhir adalah menyerang…
(Barangkali) saya pun melakukannya, sadar ataupun tidak…
(Barangkali…)
Atau (barangkali) saya yang terkena serangan?
(Barangkali…)

Hidup di dunia yang sarat akan relasi tentu tidak mampu menyingkirkan kenyataan adanya sikap reaktif, defensif, dan menyerang…
Jadi?
Wajar?
Dibiarkan saja?
Apa yang menjadi respon saya?
Apa yang baiknya saya lakukan agar saya tidak reaktif atau (barangkali juga) agar tidak terkena kereaktifan?

Ibarat membaca judul papernya saja…
Membaca sedikit, membaca satu frase saja…
Langsung memproyeksikan pada diri sendiri…
Lalu?
Jadilah…
Jadilah kereaktifan…

Kini…
Dan di sini…
Berlatih “meluangkan waktu untuk membaca keseluruhan isi paper, bukan judul papernya saja…”
Agar mengerti, agar memahami…
Agar… jauh dari kereaktifan…
Bukan idealisme belaka jika bersedia…
Bersediakah (saya)?   

Madiun, 13 Maret 2011
Menjelang 14 Maret 2011

Xia Chara

No comments:

Post a Comment